Saturday 19 January 2013

Optimisasi.

Pada saat membuat EA, kadang kita bingung ketika mencari setting yang paling tepat untuk Expert Advisor yang sudah kita buat. 

Berapa ya TP dan SL yang paling pas supaya profitnya paling maksimal ? Berapa ya nilai trailing supaya maximal drawdown mendapatkan harga terbaik ?. Kita bisa melakukan simulasi angka-angka ini di strategi tester. Proses ini disebut Optimisasi (Optimization).

Kita akan mencoba melakukan optimization atas EA MACD yang sudah terdapat di Meta Trader kita.

- Klik icon optimization
- Pilih model Open Price only

Gambarnya seperti di bawah ini :

Spoiler Spoiler:



Lalu klik Expert Properties. Disana masukkan angka-angka parameter yang ingin kita simulasi. Sebagai contoh saya hanya ingin melakukan simulasi TakeProfit saja. Maka saya centang TakeProfit dan saya masukkan batas pengujian yang saya inginkan.

Spoiler Spoiler:



Jika semua persiapan sudah selesai, klik icon Start. Maka proses Optimization dimulai. Ketika selesai, maka hasilnya bisa dilihat di halaman Optimization Result seperti di bawah :

Spoiler Spoiler:



Ternyata profit tertinggi pada backtest tahun 2008-2010 didapatkan bila TakeProfit 82. Kita sudah mendapatkan angka TP terbaik pada sistem EA kita. Untuk mendapatkan angka Stop Loss, Trailing dan bahkan parameter-parameter pada MA bisa kita lakukan pengujian yang sama.

Tapi sekali lagi, walau kita sudah melakukan optimization dan mendapatkan angka parameter yang paling the best, bukan berarti EA kita sudah sempurna. Kalau saya tetap harus melakukan langkah pengujian forward test sebelum masuk ke account real. Tapi keputusan ini saya serahkan kepada teman-teman saja.

Sekian, salam profit 

1 comment:

  1. Thanks for sharing superb information’s. Your web-site is very cool. I am impressed by the details that you have on this blog.

    Money Exchange San Francisco

    ReplyDelete