Saturday 19 January 2013

Mendapatkan nilai yang ada dalam indikator tanpa decompiler


Kadang kita mendapatkan indikator berupa *.ex4 tanpa mendapatkan *.mq4 nya. Apakah itu dengan tujuan untuk dioprek atau diporting ke dalam EA. Disini saya ajarkan cara mendapatkan nilai2/signal dll yang ada dalam indikator tanpa melakukan decompiler. Loh, ngapain susah2, kan ada decompiler.. beres. Hehehehe.. tujuan utama artikel ini adalah mempelajari bagaimana suatu nilai dalam indikator itu disimpan, sehingga kita dapat menggunakan indikator tersebut ke dalam EA tanpa melakukan porting (coding ulang).

Sewaktu membuat indikator suatu nilai akan disimpan dalam:
- buffer (ini yang sering)
- object (bisa diliat dengan Ctrl+O
- global variable (bisa diliat dengan F3)

Sering saya liat pertanyaan/permintaan disini, "Tolong buatkan EA untuk indikator XX". Terlepas dari si penanya bisa coding atau gak, tapi di Metaeditor sebenarnya sudah menyediakannya. Artinya kita dapat membuat EA berdasarkan indikator XX, walaupun kita tidak mempunyai .mq4 nya.

Buffer
Seperti sudah saya jelaskan diatas, tempat penyimpanan suatu nilai dalam indikator adalah buffer. Dalam MT4 dijelaskan bahwa buffer ini jumlah maksimalnya adalah 8, yang dimulai dengan index dari 0 s.d 7. Jadi kita dapat mengambil nilai2 tersebut dengan melakukan looping. Apalagi kalau ada .mq4 nya, bisa langsung tembak alamat buffernya untuk mendapatkan nilai yang disimpan.

Object
Walapun jarang, Ada kalanya nilai tersebut disimpan dalam object (misal karena buffer sudah terisi semua). Nilai yg dalam object ini bisa kita dapatkan, asalkan kita tau nama object tersebut. Caranya pasti sudah tau. Dengan melakukan double klik object tsb > klik kanan > properti. Atau tekan F3.

Global Variable
Karena sifatnya global, anda harus tau global variable apa saja yang dipakai oleh indikator tsb. Lain dengan buffer yang sekopnya hanya dalam indikator, atau object yg hanya ada di chart. Global Variable ini akan ada terus walaupun kita berpindah2 chart.

Dibawah ini saya buatkan EA IndicatorReading. Dengan mempelajari cara kerja EA ini, anda dapat memasukan indikator (.mq4 atau .ex4) ke dalam EA tanpa melakukang porting.
 Attached Files

No comments:

Post a Comment